Data Engineer BBM: Posisi Krusial di Balik Pengembangan Fitur dan Produk

FRILLA LIMBO

Sebagai perusahaan aplikasi sosial yang berfokus untuk memberikan pengalaman yang bernilai untuk setiap pengguna, diperlukan tim data engineering yang kuat. Tim data engineering bertugas untuk mengambil data dari big data, untuk dianalisis dan menjadi dasar pengembangan berbagai fitur BBM, dengan tujuan untuk memudahkan pengguna BBM.

BBM dikembangkan dengan berbasis data. Dengan konsep tersebut, semua keputusan dan pengembangan fitur, baik itu yang telah ada maupun fitur baru, harus berdasarkan data dan perilaku pengguna BBM sehari-hari. Dari situlah maka BBM dapat memberikan fitur yang sesuai dan menjawab kebutuhan masyarakat.

“Data engineer memang tidak berhubungan langsung dengan pengguna BBM,  namun sebagai data – driven company maka fungsi data engineer menjadi sangat krusial karena semua keputusan strategis harus berdasarkan data yang kami dapatkan,” kata Frilla Amanda, Data Engineer BBM.

Sebagai Data Engineer, Frilla berhadapan dengan berbagai tools seperti Spark, Google Cloud Platform, Ansible, Airflow, dan Python. Berbagai tools, teknik pengambilan dan pengolahan data tersebut diperlukan agar BBM terus melakukan inovasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Ia bersyukur, sebagai world class company, BBM terus melakukan investasi berbagai tools tersebut.

Selain didukung teknologi, Frilla juga mendapatkan dukungan dari rekan kerja yang sangat kuat di BBM. Konsep pair programming di BBM membantunya dalam menyelesaikan tugas sehari-hari. Frilla dengan bebas berdiskusi dengan rekan sesama engineer untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Kebebasan ini yang tidak saya dapatkan di perusahaan sebelumnya, di mana keterbatasan aturan dan tools membuat saya tidak dapat bekerja secara maksimal. Di BBM, saya diperbolehkan untuk mencoba banyak hal baru untuk belajar,” kata alumni Teknik Informatika ITB ini.

“Saat ini tim data BBM adalah salah satu yang terbaik dan saya senang telah menjadi bagian dari tim ini. Semoga saya juga bisa berkontribusi banyak untuk kemajuan BBM,” harapnya.

Categories: BBM, Indonesia, LifeAtBBM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s