Sr. Product Manager Ratih Pulkeria: Dari Headhunter Menjadi Product Manager

RATIH-LIMBO

Memiliki karir cemerlang di industri Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai headhunter di Australia dan Indonesia tak membuat Maria Pulkeria Ratih cepat berpuas diri saat memutuskan untuk masuk ke dunia yang baru, sebagai Product Manager.

Ratih bergabung dengan BBM pada Desember 2017. BBM mempercayakan Ratih masuk ke dalam divisi Product walaupun Ia minim pengalaman sebagai Product Manager. Di bawah arahan Hadikusuma Wahab, Vice President Product BBM, Ratih menjawab kepercayaan perusahaan kepada dirinya.

Dengan dukungan budaya kerja BBM yang terus mendorong karyawannya untuk belajar dan berbagi pengetahuan, Ratih berkembang secara pribadi dan profesional. BBM menantang Ratih untuk belajar dan menguasai seluk-beluk seorang Product Manager, dan mendapatkan tanggung jawab untuk melakukan pembenahan di timeline dan feeds BBM.

Tantangan perusahaan dijawab dengan prestasi. Ratih membuktikan diri dengan memimpin tim produk membawa desain dan fitur baru timeline dan feeds BBM. Atas kerja keras dan kontribusi Ratih dalam memimpin tim, BBM memberikan apresiasi dengan menjadikan Ratih sebagai Best Employee di Q3-2018.

Ratih berterima kasih karena BBM berani untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak muda dengan potensi tinggi menjadi bagian dari keluarga besar BBM. BBM sangat mendukung keputusannya untuk belajar dan mencoba hal baru, dan telah berbuah manis.

“BBM berani mengambil risiko dan memberi kesempatan bagi talent-talent yang mau belajar dan menantang mereka untuk menguasai bidang-bidang baru. Tidak ada satu hari yang sama di BBM, kerja di sini sangat dinamis dan seru,” katanya.

Latar belakang pendidikan sebagai Sarjana Psikologi UGM dan Master Applied Commerce (Management) University of Melbourne, sangat membantu Ratih dalam menguasai Product Management dan melakukan pekerjaannya sehari-hari. Perkawinan antara psikologi dan bisnis membuat Ia memahami bagaimana membuat product yang bisa menjembatani antara kebutuhan users dan perusahaan.

Selain itu, pengalamannya sebagai headhunter juga membantu dirinya sebagai Product Manager. Dalam mengembangkan produk BBM, Ratih harus dapat berkomunikasi dengan efektif ke seluruh stakeholder, mulai dari users, hingga internal stakeholders.

“Seorang PM harus bisa mengembangkan produk yang dapat memahami users dan juga stakeholders. Latar belakang psikologi saya sangat membantu untuk memahami keinginan pengguna, berkomunikasi dengan tim di dalam dan luar BBM, agar tercipta world class product,” katanya.

Bekerja di BBM membawa kebanggaan tersendiri bagi Ratih karena BBM sebagai world class company membuat Ratih bekerjasama dan bekerja dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang negara dan budaya, seperti Kanada, Singapura, Timur Tengah dan Afrika.

“Tantangannya adalah membangun tim yang solid lintas negara. Namun, mengetahui visi perusahaan dan tim di balik BBM, tantangan ini berubah menjadi kesempatan bagi untuk BBM menjadi produk dan perusahaan berkelas dunia,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s